PPDS BK jatim 2010

Posted: 15 Februari 2010 in Kesehatan
Tag:, , , , , ,

Setelah menunggu selama 1 semester, akhirnya hari jumat malam penulis mendapat sebuah Gossip bahwa pendafataran PPDS BK Jawa Timur sudah dibuka. namun alangkah terkejut dan setengah kecewa ketika penulis tahu bahwa terakhir pendaftaran tanggal 15 Februari 2010, meskipun pada akhirnya penulis dapat kabar bahwa pengumuman PPDS BK ini sudah sejak 2 minggu yang lalu. Memang bagi orang yang berada di luar pusat pemerintahan maupun yang minim “channel” seperti penulis ini sering kali ketinggalan berita. sementara dari situs resmi dinkes jatim sendiri jarang ada Up date berita. Nah, dengan semangat kebersamaan,  penulis ingin berbagi dengan sejawat.

Setelah penulis konfirmasi ternyata ada perubahan jadwal penerimaan. Batas akhir pendaftaran diundur dari tanggal 15 februari 2010 menjadi tanggal 19 Februari 2010.

Berikut persyaratan yang diperlukan:

1. Usulan dari provinsi

2. mengisi formulir pendaftaran sebanyak 1 set

3. Surat pernyataan bersedia memenuhi ketentuanprogram PPDS

4. Foto kopi Ijazah dokter

5. Foto kopi Transkrip nilai

6. Foto kopi STR

7. Rekomendasi IDI

8. Pas foto 4×6 sebanyak 5 lembar

9. Daftar Riwayat hidup

10. Surat keterangan sehat

untuk dokumen yang dikumpulkan tanggal tanggal 19 februari 2010 cuma satu rangkap dulu. untuk kedatangan Tim depkes pusat direncanakan pada bulan Maret 2010.

Semoga bermanfaat Temans

Komentar
  1. dr dini farid mengatakan:

    wah ceritanya mirik saya nih mas… agak ke buru buru nyiapin perlengkapanya ,tapi akhirnya lamaran masuk juga,tp kok kayanya lamaran saya ga selegkap itu ya mas. coz dinkes kab cuma minta sk,ijsah plus transkip,ss,s rekom id,riw hidup… kalo ada penumuman mohon di woro woro ya mas. sekalian mampir di blog saya mas http://dokterdoc.blogspot.com.biar ketularan pr tinggi

  2. azzakky mengatakan:

    dr Dini
    oke. tadi sudah sempet mampir ke blog anda. maaf blm ngasi komen cos lg kburu hehe. insya Alloh saling ngabari yach

  3. dr. opie mengatakan:

    kalo di jawa barat kira2 sama gak ya waktunya? saya lg ptt n minim channel,kita hrs nanya kmana sih untuk dpt info terkini ttg pendaftaran ppds bk ini? saya udah nunggu dr akhir tahun koq gada kbrnya,tlg informasinya ya,thanks..

  4. azzakky mengatakan:

    dr. Opie
    untuk waktu pendaftaran dan pengumpulan formulir antara propinsi satu dengan yang lain memang berbeda. dari pengalaman memang sangat susah mencari info jika kita tidak sering-sering nanya. saran saya jika anda dari Jawa barat anda bisa coba nyari salah satu pegawai Dinkes Jabar biasanya bagian SDM. nah dicatet tuh nomor Hp beliau dan jangan sungkan-sungkan untuk sering nanya. sayapun pada awalnya dapat info ini dari teman. bahkan lucunya kemarin waktu saya etemu kepala dinas kesehatan Kota tempat saya beliau malah belum tahu kalau sedah ada pembukaan pendaftaran PPDS BK baru lagi. selamat mencoba. semoga sukses PTTnya.

  5. dr. sastia mengatakan:

    waduh mas, seandainya saya buka blog sampeyan dr dulu. kenapa y dinkes kota selalu menutupi berita ttg ppds bk? kesannya menghalangi, toh dinkes kota g rugi apa2. bulan agustus 09 saya tanya info ttg ppds bk k dinkes kota probolinggo, katanya g ada yg namanya beasiswa untuk ppds, setelah saya desak2 baru ngaku kalo ada, tapi katanya hanya untuk pns, saya yg dari swasta gbisa daftar, jd pak kadin g mau kasi rekom. hiks… akhirnya saya daftar ppds dg biaya mandiri, n alhamdulillah ktrima d paru unibraw periode juli 2010. tp alangkah terkejutnya saya krn biaya masuk mulai periode saya melonjak 3x lipat. spp 3jt/smstr naik jd 9jt/smstr. uang masuk 25jt naik jd 65 jt. skrg saya bingung gmn cara bayar uang sebanyak itu. katanya ppds yg sdh diterima jg bs mengajukan ppdsbk? apa mas tau gmn caranya? trus d syarat2 yg sampeyan tulis d atas kok g ada surat rekom dinas kota/kab, surat rekom bupati/walikota, n surat rekom direktur rsud? apa mmg g perlu?
    trimakasih bnyk y mas atas infonya

  6. dr. sastia mengatakan:

    waduh mas, seandainya saya buka blog sampeyan dr dulu. kenapa y dinkes kota selalu menutupi berita ttg ppds bk? kesannya menghalangi, toh dinkes kota g rugi apa2. bulan agustus 09 saya tanya info ttg ppds bk k dinkes kota probolinggo, katanya g ada yg namanya beasiswa untuk ppds, setelah saya desak2 baru ngaku kalo ada, tapi katanya hanya untuk pns, saya yg dari swasta gbisa daftar, jd pak kadin g mau kasi rekom. hiks… akhirnya saya daftar ppds dg biaya mandiri, n alhamdulillah ktrima d paru unibraw periode juli 2010. tp alangkah terkejutnya saya krn biaya masuk mulai periode saya melonjak 3x lipat. spp 3jt/smstr naik jd 9jt/smstr. uang masuk 25jt naik jd 65 jt. skrg saya bingung gmn cara bayar uang sebanyak itu. katanya ppds yg sdh diterima jg bs mengajukan ppdsbk? apa mas tau gmn caranya? trus d syarat2 yg sampeyan tulis d atas kok g ada surat rekom dinas kota/kab, surat rekom bupati/walikota, n surat rekom direktur rsud? apa mmg g perlu?
    trimakasih bnyk y mas atas infonya.. jujur aja saya sampe stres mikir masalh biaya ini

  7. azzakky mengatakan:

    dr. Sastia
    dari info yang saya dapat dari dinkes propinsi jatim saat sosialisasi ppdsbk kemarin dijelaskan bahwa memang untuk program PPDS bk ini yang diutamakan adalah dokter umum (yang belum mendaftar PPDS mandiri).
    sedangkan rekomendasi sebenarnya hukumnya nggak segitu penting buat pendaftar dokter pasca PTT atau dr PTT. rekomendasi di sini dimaksudkan untuk memudahkan penempatan penugasan nanti setelah masa pendidikan. sedang bagi PNS wajib hukumnya meminta rekomendasi kepada kepala daerahnya dg tujuan:
    1. sebagai bukti PNS tersebut diijinkan mengikuti PPDSBK
    2. sebagai bukti jika daerah tempat PNS tersebut bekerja memang membutuhkan spesialisasi
    3. memperjelas masalah penggajian selama mengikuti pendidikan
    4. jika PNS tersebut ternyata mengambil jurusan yang tidak dibutuhkan di daerah asalnya maka selain minta rekom dari kepala daerah asalnya untuk mutasi ke tempat yang membutuhkan spesialisasinya maka PNS tersebut juga harus minta rekom kepada kepala daerah yang membutuhkan spesialisasi yang diamblnya. rekom ini menyatakan bahwa daerah tersebut mau menerima mutasi PNS tersebut nanti setelah lulus.

  8. dr. fq mengatakan:

    saya bru ktrima cpns salah satu kab di jatim th ini, swaktu awal pembekalan , org dinkes sudah mewanti2, jika penempatan di puskesmas maka peluang utk sekolah spesialis ga ada, sangat kecewa skali mendengarnya, lalu sebenernya program ppds bk diperbolehkan utk siapa sja, apakah smua kab mempunyai peraturan yg sama spt di tmpt saya ??

  9. Hab Hab mengatakan:

    pada tahun 2007, saya mendaftar PPDS BK tidak keterima, tahun 2008 lupa daftar, dan pada tahun 2009 daftar dan keterima serta masuk kuliah bulan Juli 2010 di Unair. Saya Pegawai negeri, sehingga saya selalu aktif tanya ke dinkes propinsi (tolong TS punya hubungan dengan pegawai dinkes…minimal punya no HP mereka) dan mereka akan memberi tahu kita kalo ada pembukaan pendaftaran. Bisa juga hubungi TKP PPDS Unair yang di DR Soetomo, mereka akan memberi informasi. memang kesannya repot, tapi kalo kita sabar dan mencoba serta yakin bahwa informasi ini ada, maka kita terus mencoba. Bagi TS yang jauh jaraknya…..tolong punya HP pegwai dinkes setempat, dan anggaplah mereka sebagai partner…..yang kadang2 kita kirimi SMS selamat hari raya, selamat tahun baru dll.

  10. azzakky mengatakan:

    > dr fq
    waktu pembekalan kemarin dijelaskan bahwa jika kita memang PNS kita boleh2 aja ikut PPDS BK dengan syarat kita ambil Spesialisasi yang memang dibutuhkan di tempat PNS kita… itupun hrs seijin kepala daerah, terutama untuk yg berkenaan dg penggajian selama kuliah.. tp untuk daerah biasanya ada aturan sendiri.. seperti di tempat saya PNS harus sudah kerja selama 3 thn blh ikut daftar.
    > Hag hab
    bener.. yg ptg sbr n ndak putus asa.

  11. dr. fq mengatakan:

    trims banget atas infonya
    *Hab Hab –> brarti sya hrus berhubungan dengan pgwai dinkes propinsi y ? bukan dinkes setempat di kabupaten saya tinggal ????

  12. azzakky mengatakan:

    dr. fq
    benar. soalnya yang tahu orang dinkes Propinsi

  13. DR.Sayekti mengatakan:

    mengapa ppdsbk kok diem2an,sy telat mengetahuinya.sy PNS di PKM..yg dpt sosialisasi hy TS yg bekerja di RSUD.. gmn,kira kira akan ada bukaan pdftran PPDSBK lg kpn?TKS

  14. azzakky mengatakan:

    dr Sayekti
    hhmmmmm… ya memang sekarang kondisinya masih seperti itu.
    begini saja. coba cari kenalan di dinkesprop, nah sekitar bulan februari atau agustus tanyakan ke dinkesprop. biasanya pendaftaran sekitar bulan-bulan itu

  15. indah mengatakan:

    dok saya cpns, sebulan lagi insyaAllah mau 100% kebetulan juga saya udah diterima ppdsbk. tapi setelah diterima kenapa jadi di persulit ijinnya begini..kira2 ada pihak depkes yang bisa menfasilitasi ga dengan BKD?

  16. azzakky mengatakan:

    > Indah
    begini, mbak indah dari daerah mana? kalo dar daerah terpencil atau yang punya RS tipe C tapi belum punya spesialis biasanya dimudahkan.
    sebenernya Depkes sudah mengantispasi hal ini, maka dari itu sebelum seorag PNS atau CPNS mendaftar PPDS BK maka ia harus mendapat ijin tertulis dari Kepala Daerah supaya nantinya memudahkan proses penempatan dan penggajian selama sekolah.
    Nah jika kondisinya seperti mbak sekarang saran saya langsung aja nembusi kepala daerah mbak, tapi jika mbak ngambil penempatannya di luar daerah tempat mbak diterima PNS sepertinya akan sulit dapat ijin. pernah kejadian teman saya seperti ini, akhirnya dia milih keluar dari PNS karena ijin sekolah gak turun sedang dia ketrima PPDS BK dg penempatan di daerah di luar tempat PNS nya

  17. dr. Maya Fikri mengatakan:

    Saya dokter PTT cara lain di RS. Bhayangkara Porong. Tp blum saya urus SK Penempatannya. Termasuk RS Tipe C. Maksudnya Syarat 1. usulan dari Provinsi itu gmana?

  18. dedy mengatakan:

    bingung neh, urutan prosedurnya gmana ya kl mau daftar ppds bk, harus kmana dl, n kalo pasca ptt pusat bgaimana ya?

  19. azzakky mengatakan:

    dr Maya
    maksud usulan dari propinsi adalah nanti ketika kita daftar di dinkes propinsi akan diadakan pertemuan yang membahas kebutuhan dokter PPDS BK, nah jika jurusan yang kita pilih sesuai dengan kebutuhan PPDSBK propinsi, kita akan dikasih formulir pendaftaran PPDS BK yang di lembar akhir formulir akan ditandatangani Kepala Dinkes Propinsi sebagai usulan PPDS BK dari propinsi.

    Dedy
    langsung aja ke dinas kesehatan propinsi yang mas tuju, langsung daftar gitu. good luck

  20. dhona mengatakan:

    Wah seneng rasanya baca coment2 disini jd nambah info, mengingat sy lg ptt pusat di daerah ST yg minim info. Mas zakky langkah2 apa sj yg perlu dpersiapkan (ttg berkas2) kl mo ikut ppds-bk? apa bener srt rekomendasi kab/prov tdk tll berpengaruh? Makasih byk y mas…

  21. ita mengatakan:

    salam sejahtera

    saya berencana daftar untuk tahap VI, tapi dari dinkesprov jateng dikatakan harus dapat rekomendasi kota. dari dinkeskota smg dikatakan harus ada ijin dari atasan tempat bekerja.

    benarkah tidak perlu rekomendasi itu? kenapa saya dharuskan memiliki ya?

  22. azzakky mengatakan:

    Dhona:
    untuk PPDS-BK yang penting harus selalu Update info dari dinkes propinsi. trus kalo untuk PNS sebaiknya milih jurusannya yang memang dibutuhkan di daerah tempat PNS anda, biar nanti ngurus rekomendasi kepala daerah dan penempatan setelah lulus gampang. Berkas kelengkapan lain bisa ditanyakan di dinkes propinsi masing-masing. tapi jangan lupa jika sudah daftar formulir PPDS-bk di dinkes propinsi sering-sering aja mengecek ke univ yang dituju. yang penting jangan gampang mengeluh aja.. hehe. good luck.
    Ita:
    Jika anda PNS maka wajib dapat rekomendasi dari atasan Anda (Bupati/walikota) jika anda dari swasta maka dari pengalaman saya dulu untuk rekomendasi atasan lagsung dari Kepala dinas kesehatan propinsi saat pendaftaran formulir PPDS-BK..
    selamat mencoba..:)

  23. iyun mengatakan:

    salam kenal pak azzaky,
    kalau sy cpns pemprov berarti harus dpt rekomen dr gubernur gt ya?

  24. Rury mengatakan:

    Saya cpns di lumajang,br masuk taun ini,kira2 kpn blh daftar ppds bk,pumya no hp org dinkesprov yg bisa ditanya2 gak,hehe

  25. malfinhanif mengatakan:

    gus, tulung aku wenehi kebutuhan tiap kabupaten ada ndak yang terdekat dengan tempatku.trus oleh nggak daftar bk ketika sedang ppds?
    tulung dijawab secepatnya.aku sms ke nomormu gak ada respon.

  26. day mengatakan:

    maaf mas dzaky..mu tanya,,u peluang PPDSBK ini lebih besar mana yah klu qt PNS provinsi atau pemkab??..trim sblmnya mas..

  27. rodm mengatakan:

    ada yang tahu ppds bk jatim yang pendaftarannya november 2010 kemarin? setelah itu kelanjutannya bagaimana?? tku

  28. Tayasmen Kaka mengatakan:

    Salam kenal, saya Herr Kaka, bekerja sebagai pengajar Bahasa Jerman di Goethe Institut Jakarta. Saya ingin memberitahu, apabila ada Dokter Indonesia yang berminat ke Jerman untuk program spesialis, silahkan hubungi saya. Ada dua jalur spesialis yang bisa ditempuh.

    1. Dengan biaya sendiri.
    Jalur ini lebih mudah untuk mendapatkan tempat spesialis di uni klinikum di
    Jerman.

    2. Jalur bekerja. Bekerja di rumahsakit atau uniklinikum di Jerman dengan mendapat
    gaji dari pemerintah negara bagian di Jerman. Jalur ini tentu lebih lama
    prosedurnya untuk mendapatkan tempat di rumah sakit atau uniklinikum.

    Silahkan diforward email ini kepada dokter yang berminat spesialis ke Jerman.
    Terima kasih.

    Tayasmen Kaka
    tayasmen@yahoo.com
    Telp. 021-273 63576

  29. azzakky mengatakan:

    @ iyun, Ruru, Day:
    maaf ya baru sempat ngebales. PPDS BK untuk periode sekarang diutamakan yang sudah PNS. hal ini untuk memudahkan penempatan dan menghindari masalah penggajian. tentunya untuk mendaftar harus sesuai persetujuan kepala daerah masing-masing PNS tersebut.

    @ Alfin:
    sorry banget fin, kemarin aku masuk KBRT, jaga ding dong, HP serig kehabisan batre.. kalo sms ke nomer simpatiku aja.. untuk Jatim sepertina masih baak butuh Aestesi, PK, Radiologi. kalo nggak salah sampai 15 orang butuhna.. selama PPDS boleh daftar, tapi ang diutamakan tetep yang belum masuk PPDS.

    @ kaka
    info ang bagus, moga-moga ada ang berminat. silakan kalao ada info lainnya. makasih

  30. Agus Setiawan mengatakan:

    Ass,,,
    saya dokter yang baru saja d sumpah tahun ini,,, saya mau tanya,,,, apa untuk mengajukan PPDS BK,,, harus mesti sudah PNS 3 tahun,,, kalo kita mengajukan saat CPNS bagai mana Mas? kalo memang bisa, apa dokter yang baru lulus seperti saya memerlukan persyaratan tambahan selain surat rekomendasi dari pemkab daerah saya?
    saya juga mau bertanya apakah persyaratan PPDS seperti sertifikat ATLS,ACLS,dsb. juga diperlukan untuk persyaratan PPDS BK,,, Terima Kasih Banyak

  31. Pokja PDSBK mengatakan:

    Informasi :

    Rekrutmen tahap I 2001 akan dilaksanakan antara akhir Bulan April ini s/d pertengahan mei 2011.

    Tolong para dokter yg berminat mencoba menghubungi Dinas Kesehatan Propinsi setempat untuk kepastian tanggal Pelaksanaan.

    Bagi yg belum PNS, diharuskan memiliki rekomendasi dari Gubernur/ Bupati / Walikota setempat atau setidaknya BKD atau Sekda, karena saat ini merupakan persyaratan utama untuk lolos seleksi Administrasi.

    Pemilihan jurusan hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan di rumah sakit tempat anda nantinya berbakti, jangan melih program studi yang tidak sesuai dengan kebutuhan RS.

  32. Agus mengatakan:

    Sebenernya CPNS boleh ikut ngak? Ini biaya dr kemenkes /APBN kan ? Soalnya kabupaten saya kan miskin, ngak mungkin ngasih rekomendasi.!!

  33. adib mengatakan:

    kalo ptt pusat trus ketrima ppds-bk, status ptt dan gajinya masih bisa terus ndak dok

  34. azzakky mengatakan:

    kalo PTT pusat ya PTT nya sdh gak berlaku. kecuali jika anda sdh PNS masih tetap dapat gaji

  35. azzakky mengatakan:

    biaya langsung dari APBN.. gak ada sangkut pautnya dg daerah pak

  36. adib mengatakan:

    azzakky wrote:

    kalo PTT pusat ya PTT nya sdh gak berlaku. kecuali jika anda sdh PNS masih tetap dapat gaji

    ————

    Boleh tau Permenkes atau Kepmenkes atau sebangsanya tentang hal ini ? yang saya tau payung hukum ppds-bk cuma 535, 538 dan 539 tahun 2008. kan sama-sama pindah tugas/kerja ke rs pendidikan tempat menjalani ppds nya.. berarti ada ketimpangan dong…gimana dok ?

  37. anhy mengatakan:

    tuk adib…
    info ttg dasar hukum ppds bk bisa diliat di “fasilitasi ppds bk”
    silakan search di google, download file presentasinya via scribd…

  38. dr.desva mengatakan:

    boleh tau ga ? biasanya uangnya diberikan kerekening pribadi kita langsung atau melalui yang lain ? trus dibayarnya kapan ? thx ats infonya

  39. azzakky mengatakan:

    biasanya untuk biaya hidup ditransfer. sedang uang SPP diberikan tunai

  40. ifant mengatakan:

    Nah ada problem baru lagi nih….uda ketrima….status dulu ptt pusat….tapi dulu belum ada rekomendasi kepala daerah dan kepala rsud……supaya kemungkinan untuk dikembalikan ke daerah asal lebih besar, kalau sekarang saya ngurus minta rekomendasi, kemana saya harus mengirimkan/menyusul sebagai pelengkap dokumen saya di kemenkes….dikirim sendiri ke kemenkes/dinkes prov, disetor ke rs pendidikan, di setor ke fakultas, atau diserahkan aja ke dinkes kabupaten biar mereka yang meng-handle….
    makasih sebelumnya…..

Berikan Balasan

