Menunda Haid secara efektif selama berhaji

Posted: 30 Mei 2010 in Agama, Kesehatan

 

jabal rahmah

Labbaika

Sungguh sangat membahagiakan bagi semua umat Islam ketika kesempatan untuk berhaji datang. sebuat peristiwa yang sangat ditunggu-tunggu. bayangkan, untuk dapat menunaikan ibadah haji saat ini calon jamaah harus antri masuk daftar tunggu yang konon sekarang sdah mencapai 6 tahun kedepan.

kita smua tahu bahwa ibadah haji punya karakteristik berbeda dengan ibadah lainnya. dalam ibadah haji tidak hanya menuntut kita mengucapkan doa doa namun ibadah yang satu ini juga menuntut kesiapan fisik yang prima. dan tak jarang kurangnya persiapan fisik ini menyebabkan terganggunya kelancaran dalam penunaian prosesi ibadah haji tersebut. untuk itu perlu dilakukan persiapan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan.

Satu hal yang sangat menjadi perhatian para calon jamaah haji khususnya jamaah perempuan adalah masalah Haid atau menstruasi. Masalah haid ini sering kali membuat cemas para calon jamaah haji wanita dikarenakan adanya rukun haji yaitu Thowaf ifadhoh yang mengharuskan jamaah dalam kondisi suci dari hadats maupun najis. Thowaf ifadhoh yang pelaksanaannya dilakukan setelah prosesi Armuna (Arafah-Muzdalifah – Mina) ini biasanya menjadi masalah terutama untuk jamaah yang dijadwalkan pulang awal (kloter-kloter awal) karena waktu pelaksanaannya cuma bisa dilakukan beberapa hari sebelum pulang ke tanah air. Akibatnya banyak calon jamaah yang ketakutan dan akhirnya mengkonsumsi obat secara membabi buta mulai sejak di tanah air. Pemakaian obat penunda haid yang kurang tepat inilah yang pada akhirnya malah menjadi bumerang, alih-alih mendapat manfaat dari penundaan menstruasi tapi malah siklus menstruasinya kacau dan sulit untuk ditanggulangi.

Nah.. berikut in sedikit tips yang penulis dapatkan saat mengikuti pelatihan tahun lalu di Murnajati tentang penundaan haid.

Pertama, sebelum berkonsultasi degan dokter kenali siklus menstruasi anda. Berapa hari siklus haid anda, berapa lama menstruasi anda, bagaimanakah keteraturan menstruasi anda, Kontrasepsi apa yang sekarang sedang anda gunakan.

Kedua, setelah memahami siklus menstuasi anda. usahakan anda melakukan konsultasi minimal 3 bulan sebelum keberangkatan ke tanah suci sehingga upaya penundaan ini bisa lebih efektif.

ketiga, hal yang penting untuk diingat adalah mengetahui kapan proses ibadak puncak haji dan kapan keberangkatan kita. penundaan haid ini sebenarnya sebagi upaya memperlancar ibadah haji. dalam hal ini adalah thawaf ifadhoh yang wajib dilaksanakan dalam kondisi suci. Perlu difahami juga mana yang merupakan rangkaian ibadah Sunnah dan mana ibadah yang merupakan Rukun dan wajib. Jangan sampai gara-gara kita terlalu bernafsu mengejar yang sunnah malah ibadah yang wajib jadi kacau. Selain thawaf, kegiatan lain dalam rangkaian ibadah haji boleh dilaksanakan meskipun kita tidak dalam kondisi suci.

Keempat, perlu diketahui yang berkenaan dengan peggunaan kontrasepsi

1. Oral Noethisteron 5 mg (Primolut): eektif dalam menunda haid hanya selama 14 hari. jadi pagi anda jamaah yang mau menunaikan ibadah haji hendaknya sebelum menggunakan kontrasepsi berkonsutasi dengan dokter yang berpengalaman. jika anda mulai minum primolut saat sebelum berangkat sedangkan rangkaian ibadah haji masih lama maka biasanya anda bisa mengalami spoting pada minggu ke 2 setelah mulai mengkonsumsi Primolut

2. Kontrasepsi suntik 3 bulanan: Hanya efektif untuk yang sudah mendapatkan suntikan sebanyak 5 kali (1 tahun 3 bulan dari pertama kali suntik). karena efek Amenore (tidak menstruasi baru bisa didapat setelah 5 kali injeksi. Jika anda termasuk pemakai kontrasepsi KB suntik 3 bulanan dan sudah tidak menglami menstruasi maka anda tinggal meneruskannya. jangan lupa meneruskan suntik KB 3 bulanan sebelum berangkat karena pengalaman penulis pernah meresepkan tapi susah banget nyari di apotik-apotik di Tanah suci. mungkin karena mereka nggak pernah Kb kali ya. hehe

3. Bagi pemakai kontrasepsi Spiral hendaknya dilepas dulu untuk menbegah terjadinya spotting

4. Bisa digunakan kontrasepsi dengan pil KB (21 tablet) yaitu mycrogynon ED 30, Diane, yasmin. caranya dengan mulai minum pil KB ini pada hari ke 5 menstruasi terus menerus selama sebelum berangkat sampai pulang ke tanah air. dengan cara ini jamaah tidak mengalami menstruasi.

dari cara-cara diatas mana yang sesuai hendaknya dikonsultasikan dengan dokter. Beratnya stressor saat pelaksanaan ibadah haji sering kali mempengaruhi fisik dan hormon jamaah, jadi jangan heran kadang meskipun sudah dilakukan upaya penundaan haid masih saja haid datang.

semoga bermanfaat

Komentar
  1. Irnuy mengatakan:

    Ass.wr.wb
    mb, mau nanya klu menunda menstruasi krn mau ibadah umroh cara minum nya setelah tdk mens, apa harus minum setelah hari ke 5 menstruasi? walaupun mens blm berakhir?
    jazakillah khoiron
    wass.wr.wb
    irnuy

  2. azzakky mengatakan:

    Alaikum salam.. ya. langsung diminum jangan putus2 sampai kembali ke tanah air
    insyaAlloh jika tidak ada hal luar biasa bisa tidak mens

  3. myshoppe mengatakan:

    Assalammualaikum,
    Insya Allah tgl 25 Juni ini sy brgkt umroh… nah jadwal haid saya sekitar tgl 30 Juni.. berarti sy hrs memundurkannya selama umroh nanti.. yg ingin sy tanyakan, berhubung sy punya miom sebesar 4cm, sebaiknya jenis pil KB apa yg relatif aman utk sy konsumsi.. dan kapan sebaiknya sy mulai mengkonsumsinya dok? makasih ya sebelumnya…;)
    wassalam, ima

  4. myshoppe mengatakan:

    Assalammualaikum,
    Insya Allah 25 Juni ini sy akan brgkt umroh, nah jadwal haid sy nanti sekitar tgl 30 Juni.. otomatis sy hrs menunda haid sy dok.. tp berhubung sy punya miom sebesar 4cm, baiknya pil KB jenis apa yg hrs sy pakai? trus kapan sebaiknya sy mengkonsumsinya?
    makasih ditunggu jawabannya ya ..:)
    wassalam, ima

  5. azzakky mengatakan:

    @myshoppe
    maaf karena beberapa kesibukan saya baru bisa balas. kalau untuk mendekati hari haid bisa minum primolut. cuma yang paling efektif adalah cara yang saya sebutkan di no.4

  6. Yoeli mengatakan:

    Dok, saya mau berangkat haji tgl 21 sept ini. Siklus saya tdk teratur dok…kadang siklusnya 22 hari, bisa 24 hari atau 26. Saat ini saya hari 1 haid.Kl diprediksi, tgl 3 atau 4 okt saya dapat haid.dan khawatirnya pas thawaf ifadhah dapat haid juga. menurut perhitungan dokter, saya mulai minum primolut dari kapan? Mhn segera dibalas dok

  7. azzakky mengatakan:

    @ Yoeli.
    saat ini mbak yoeli memakai KB apa? kalo saran saya biar aman pake Pil KB yang tanpa plasebo (bisa pake Yasmin) yang jumlah tabletnya 21. diminum terus menerus selama ibadah haji. kalau untuk primolut dipake buat jaga-jaga saja. karena jika diminum saat ini dia hanya efektif 14 hari

  8. Evelyna lovely chibi mengatakan:

    dok, saya brangkat haji tg 1okt, saat ini saya haid hari ke-3 (bulan ini maju 4 hari). selama ini alat kontrasepsi kondom, siklus haid kadang maju sampai 7hari, biasanya hari ke-1 n 2 banyak, hari ke-3 biasa, hari ke-4 n 5 bersih, hari ke6 sampai 8 kadang bisa 9 flek-flek, haid hari ke-1 ada rasa nyeri. bulan okt nanti lu maju 7 hari, berarti saya haid tg 9, dan nov klu maju hngga 7 hari berarti saya akan haid tg 2, mengingat saya ingin mendapatkan arbain dan juga jadwal tawaf wada tg 10 nov, bisakah saya minum yasmin, mengingat saya juga pernah operasi tumor jinak d payudara, krn saya baca kontraindikasi yg mengatakan adanya keganasan yg dipengaruhi oleh hormon seks (misal pd organ intim at payudara), adakah efek samping yg akan menimbulkan tumor? sya sudah persiapkan yasmin 3 kotak, tp setelah saya baca agak takut. oh, ya… saya juga sring sakit kepala sebelah dok… wah, panjang banget ney dok, saya tunggu jawaban secepatnya ya dok..krn katanya klu mau pake yasmin diminum pada hari ke 5 haid. atau adakah cara tanpa minum yasmin dan embiarkan tetap haid tapi pada saat mendapat haid, haidnya dipercepat selesainya, obat apa itu dok?terimakasih sekali dok..

  9. Evelyna lovely chibi mengatakan:

    dok, saya berumur 40 th, tks

  10. anis thohiroh mengatakan:

    pagi dok, saya mau berangkat haji tgl 26 september ini, saya sudah pakai norelut mulai bulan kemarin, awalnya untuk memajukan haid. trus kmrn tgl 12 saya minum lagi, krn kata dokternya satu minggu sebelum haid disuru minum, kemudian satu mingu sebelum berangkat.ternyata berangkat saya maju tanggal 26. jadi dokternya emnyarankan meneruskan minum norelutbya terus tanpa putus. cuma saya takut kalau terjadi spotting.
    bagaimana dok klo terjadi spotting, sebelumnya saya perna nyoba diane, tapi tidak cocok, sangat mual.
    saran dokter saya klo terjadi spotting disuru menggunakan tambahan estrogen (esthero) lah, klo sebelumnya saya memakai kombinasi hormon tidak cocok, bagaimana dok?
    mohon maaf terlalu banyak tulisannya

  11. azzakky mengatakan:

    terima kasih atas pertanyaannya..kalo minumnya cuma norelut mungkin akan bertahan cuma 2 minggu… mungkin bisa dicoba mycrogynon ED 30, atau Diane. terus menerus selama ibadah haji seperti yang saya sebut di atas. kalo mual bisa mium Antasida sebelum minum obat.. jika nanti terpaksa masih spotting baru digunakan tambahan primolut. jika belum jelas bisa konsultasi ke dokter terdekat.

  12. azzakky mengatakan:

    buat bu Evelyna, memang ada kontraindikasi bagi mereka yang menderita tumor jinak atau keganasan yang dipengaruhi hormonal.. saran saya biarkan siklus anda teratur.. sehingga anda akan bisa memperkirakan kapan saatnya haid.. sehingga bisa diantisipasi. memang sebenarnya sangat tidak sesuai dengan fitrah jika seorang wanita dilarang Haid selama hampir 2 bulan. namun karena lamanya antrian penerbangan haji kita maka hal itu akhirnya dianggap kewajiban. perlu diingat Adalah:” Haid selama perjalanan Haji itu boleh”. Arbain “hanya” sunnah. sedangkan Wukuf boleh dilakukan meskipun sedang haid. sedangkan yang diharuskan suci dari hadats adalah thowaf wada. jika anda punya waktu yang agak panjang antara pelaksanaan ARMINA dengan kepulangan ke tanah Air, maka anda bisa memilih disaat anda sedang tidak haid untuk thawaf wada (tidak harus segera setelah ARMINA, ataupun juga tidak harus mendekati hari kepulangan dari mekkah) saat anda tidak menstruasi segeralah melakukan thawaf wada. namun jika antara ARMINA sampai kepulangan anda menstruasi terus tanpa henti. saya pernah bertanya pada salah satu Kyai pembimbing Haji bahwa boleh tetap thawaf dengan syarat Mandi Besar sebelum melakukan thawaf, dan menjamin tidak ada darah haid yang tercecer di masjid sudah diperbolehkan Thawaf. mungkin pilihan ini bisa dipertimbangkan.

  13. Evelyna lovely chibi mengatakan:

    Tks sarannya dok

  14. Alida mengatakan:

    Ass dokter, maaf sy mau Tanya agak mendesak. Sy skrg sdg berada di madinah menjalankan Arbain. Sy Brkt tgl 6 Oktober saat itu sy dlm keaadaan mens (mulainya saat itu tgl 30 sept) dan selesai tgl 9 oktb. Stlh selesai men’s sy lgs minum pil Yasmin . Jamnya selalu sama yaitu jam 5 sore. Entah knp, hari ini tgl 17 oktb sy keluar flek flek. Sy hrs gmn ya Dok ? Sore td ini sy lgs 2 tablet Yasmin. O Ilya Dok, sy pake kontasepsi spiral apa ada hubungannya? Sy Dari Indonesia bawa juga pil Lutenyl , membantu tdk kalau sy minum itu jga? Hari sabtu kami Akan ke mekkah untk memulai umroh haji. Trm ksh sebelumnya

  15. azzakky mengatakan:

    alaikum salam bu alida: maaf baru balas… sebaiknya disarankan sebelum berangkat spiral dilepas. biasanya sumbernya dari situ

  16. yan mengatakan:

    asslmlkm, dok saya akan berangkat umroh tgl 19 februari, tapi sampai saat ini saya belum minum pil penunda haid, saya biasa haid tgl 15, masih efektif gak kalau saya mulai kosumsi sekarang, tks

  17. fani metindo mengatakan:

    dok ,,saya akan berangkat umroh tgl 22 mei ,terakhir saya haid hari pertma tgl 18 april ne , kira2 kontrasepsi ap ya yang tepat untuk menunda haid jika saya masih berumur 21 thun ,single dan tak mempunyai riwayat pnyikt apapun ,,,dan kpan saya meminum”a
    …mhon blsanya y dok …

  18. azzakky mengatakan:

    sebelumnya maaf banget baru punya kesempatan buka blog. buat mbak Fani metindo: bisa menggunakan primolut N 5 mg sekali sehari diminum mulai sebelum perkiraan hari menstruasi. primolut N bisa menunda secara efektif 14 hari.

  19. nana mengatakan:

    Assalamu’alaikum
    Saya habis operasi payudara karena ada benjolan berupa mastitis chronis non spesifik bulan April 2014. Saran dokter, saya harus menghentikan pil KB yang biasa saya minum (microgynon) karena ditakutkan benjolan itu akibat konsumsi pil. Sekarang saya bingung mencari alternatif kontrasepsi lain karena saya lebih cocok dan senang menggunakan pil. Yang ingin saya tanyakan, benjolan saya kan tidak terjadi akibat kelainan hormon semisal fam, tetapi lebih karena infeksi kuman, apakah saya tidak boleh lagi mengkonsumsi pil? Terima kasih

  20. azzakky mengatakan:

    alaikum salam warahmatullah
    saya akan coba menjawab. pertama harus anda pastikan diagnosis benjolan secara pemeriksaan Patologi Anatomi. jika memang bukan tumor yang dipengaruhi hormonal ya seharusnya kontrasepsi pil mungkin nggak berefek pada benjolan tersebut. tapi jika memang ragu, maka yang paling aman ya penggunaan spiral.

  21. fifi mengatakan:

    Assalammualaikum wr wb dok..
    Maaf saya mau berangkat haji 15 sept 2014 ini. Saya saat ini menggunakan spiral. Sy mencoba ke dokter obgy untuk menceritakan renacan haji &minta dibuka spiral aerta tanya bgmn nanti utk pengaman saya serta utk nanti haji. Tp dokter tsb tdk menyarankan utk spiral dibuka & akan diberikan obat nanti agustus. Sy tdk tenang dok. Apakah dokter praktek di jakarta atau bila tidak boleh saya direkomendasikan 2 dokter yg bisa membantu utk ketenangan saya haji ini. Terima kasih dok.

  22. fifi mengatakan:

    Maaf dok.. saya fifi lagi.
    Ada informasi saya sebelumnya yg salah ketika. Dokter yg saya datangi tidak menyarakan spiral dibuka dan nanti saja agustus baru dikasih obat tnp spiral dibuka. Terus terang saya tidak tenang dok. Mohon bantuan dan apakah dokter praktek di jakarta atau bila tidak, mohon bantu untuk merekomendasikan teman teman dokter utk saya konsultasi dgn lebih tenang. Terima kasih

  23. azzakky mengatakan:

    alaikum salam warahmatullah wabarakatuh
    terima kasih atas pertanyaannya. Dari pelatihan sebagai tenaga kesehatan haji tahun 2009 di Sukolilo surabaya, saya mendapatkan banyak ilmu dan itu terbukti berguna untuk jamaah saat berhaji. memang disarankan pemakaian spiral saat ibadah haji sebaiknya dilepas sebelum berangkat biar tidak menimbulkan flek selama menjalankan ibadah. ada cara lain yang terbukti cukup efektif seperti yang saya sebut di atas yaitu dengan cara memakai Pil KB secara terus menerus tanpa meminum pil yang berwarna putih (plasebonya). atau pakai diane terus menerus insya Alloh setelah 2 siklus haid berhenti. selengkapnya baca tulisan diatas. untuk dokter di Jakarta saya coba tanyakan dulu. karena saya domisili di Solo bukan di Jakarta. wassalam

  24. fifi mengatakan:

    Dok.. maaf mau tanya lagi . Pada jawaban dokter sebaiknya dilepas utk menghindarkan flek saat haji. Atau cara yg lebih ampun dgn minum pil yg dokter utarakan. minggu lalu saya sudah sempet ke dokter kandungan, saya bilang mau lepas spiral nantinya krn mau pergi haji. Tp dokter bilang tidak usah lepas spiralnya Nanti dikasih obat utk menahan haidnya.Spiral dan minum obat secara medis tdk berkaitan. Saya kekeh bilang sy denger cerita teman pergi haji mmg kondisi dgn spiral dan kmdn dikasih obat haid tapi disana mengalami flek dan haid . Sy tetp diyakini bahwa tdk ada kaitn dgn spiral. Flek dan haid lebih dimungkinkan krn obat yg tidak tepat atau cara minum yg tidak tepat atau tidak teratur. Sy pergi ke dokter lain utk bantu saya mengiyakan saya lepas spiral. Tp dokter kedua jg mnyatakan baru kali ini bu saya denger org lepas spiral krn haji. Bagaimana ya dok? Bgmn pengalaman dokter dgn saya berangkat menggunakan spiral ditambah minum pil penahan haid Yess dgn tdk minum yg berwarna putuh. Terima kasih.

  25. azzakky mengatakan:

    bismillah.. secara fisiologis dengan meminum obat yang KB tanpa yg putih insya Alloh sdh cukup. untuk spiral mungkin ada perbedaan pendapat diantara para dokter. karena ada yang menghawatirkan jika nantinya akan terjadi flek jika tdk dilepas. mungkin ibu bs mencari dokter kandungan yang sdh pernah menjadi petugas Haji. yang lebih penting ibu perlu diketahui bahwa kita sebagai mana manusia Hanya bisa berusaha dengan keilmuan kita. Alloh yang akan memudahkan niatan kita. karena ada beberapa jamaah yang sudah berusaha semaksimal mungkin dengan obat namun ketika disana Alloh berkehendak lain (yang kadang diluar kemampuan keilmuan kita). semoga lancar ibadahnya. Nitip doa semoga saya bisa kembali mengunjungi rumah Alloh lagi… amin..

Tinggalkan Balasan

