Obama, Harapankah?

Posted: 22 Januari 2009 in Uncategorized

20 Januari 2009, hari bersejarah bagi USA. Barrack Hussein Obama, Presiden kulit hitam pertama USA dilantik sebagai presiden USA ke-44.
Euforia menyelimuti segenap warga USA, bahkan beberapa warga kita yang pernah menjadi teman SD Obama saat di jakarta merasa “GR (Gedhe Rumangsa)” atas dilantiknya Obama.
Dunia sepertinya juga banyak berharap Obama bisa meluruskan kebijakan-kebijakan semena-mena USA yang telah banyak dilakukan pendahulunya, George W. Bush.
Kuba, Irak, Karea utara, Afganistan, Palestina merupakan beberapa negara yang sedang menunggu perubahan apa yang bisa dibuat oleh Obama.
Dalam dunia Ekonomi, Obama mengemban beban berat yang ditinggalkan pendahulunya berupa krisis finansial yang menguncang dunia.
Pertanyaannya, Benarkah Obama akan dapat mewujudkan semua harapan tersebut??

Contohnya……..
Dalam Pidato pelantikannya, menghadapi krisis finansial ini Obama telah mengemukakan kebijakan yang akan diambilnya. dan ternyata sebagaimana diperkirakan banyak fihak. Obama akan lebih cenderung mementingkan kepentingan ekonomi dalam negrinya dulu.
Dalam krisis gaza misalnya, Obama, seperti para pendahulunya, tetap tidak bisa bersikap tegas terhadap Israel yang jelas-jelas melakukan pelanggaran HAM.
lalu berlebihankan kita dengan harapan yang begitu tinggi bahwa USA di bawah Obama akan mendadak berubah menjadi negara yang santun, adil dalam memperlakukan negara lain?
mungkin bisa saja jawabannya “Iya”…
Menurut Amien Rais dalam sebuah surat kabar mengatakan saat ditanya perbedaan antara George W bush dengan Obama beliau menjawab: “Yang satunya Perampok, yang lainnya Perompak”

Yang pasti kita tetap boleh berharap Obama lebih baik ketimbang Bush, Kita boleh berharap USA dibawah Obama akan lebih bijak dalam memperlakukan dunia Islam. Tapi hendaknya harapan itu jangan terlalu berlebihan. Nanti kita sendiri yang akan kecewa.

Buat semua Umat Islam terutama, nggak usah ikut-ikutan terlalu euforia. Apalagi Obama sendiri jelas-jelas malu untuk mengakui kedekatannya dengan dunia Islam. Mungkin anda masih ingat saat kampanye, adik Obama, Maya Soetoro, pernah berusaha meyakinkan bahwa obama sangat kecil bersentuhan dengan yang namanya Islam, saat ditanya apakah ayah tiri obama penganut Islam, Adiknya dengan bangga mengatakan: Ayah saya bukan penganut Islam fanatik. Dia cuma ke masjid dua kali dalam setahun.
Teruus, kenapa kita terlalu berharap padanya??..
Wallohu A’lam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s