Ulama dan AIDS

Posted: 29 Januari 2009 in Agama

Bicara tentang MUI saya jadi teringat lagi tentang upaya penanggulangan Aids. Sebagai tenaga medis, saya sangat prihatin dengan kondisi daerah saya yang merupakan salah satu penyumbang terbesar penderita HIV/AIDS di jatim. kehawatiran saya cukup beralasan, sebagai tenaga medis kami rentan terhadap penularan HIV/AIDS, disisi lain saya juga prihatin dengan penanganan penyebaran penyakit tersebut yang kurang memuaskan. penanganan yang cenderung kuratif (bahkan menurut saya lebih ke arah paliatif) dibandingkan dengan Preventif.
Lalu apa hubungannya dengan Ulama??…
sebenernya Ulama bisa lebih berperan dalam penanggulangan penyakit ini. kita semua tahu bahwa Ulama kita melarang kampanye secara besar-besaran tentang penggunaan kondom. Melarang penggunaan ATM kondom. tapi disisi lain tidak ada solusi nyata sebagai pengganti kampanye kondom tersebut. Coba kita lihat, berapa persen Ulama, Kyai, santri kita mau terjun langsung memberi bimbingan ke kawasan-kawasan rawan HIV seperti lokalisasi?? menurut saya sebenarnya kampanye pencegahan ini yang kita butuhkan. Baik pencegahan penularan dengan pemakaian kondom (walaupun tidak bisa 100% siy), dan yang terpenting pencegahan dengan merubah prilaku, untuk yang terakhir ini peran Pemuka agamalah yang sangat diharapkan.
Dalam benak saya sering terfikirkan mungkin lokalisasi akan tutup dengan sendirinya jika ada juru da’wah yang rutin membimbing mereka dengan ikhlas. mengajak mereka bicara.
Saya cuma berharap Ulama mungkin melalui MUI bisa membentuk Semacam Tim Penanggulangan AIDS yang akan bekerjasama dengan pemerintah dan LSM dalam menghentikan penyebaran penyakit mematikan ini.
Tidak Cukup Dengan Himbauan, Tapi Perlu Langkah Nyata.
Pada hari Aids yang lalu saya sempat berkirim email ke MUI tentang masalah ini tapi sepertinya belum ada gebrakan yang berarti.

Tinggalkan Balasan

