KETENTUAN PEMBEKALAN OPERASIONAL BAGI PETUGAS KESEHATAN HAJI KLOTER 1430 H / 2009 M

Posted: 6 Juli 2009 in Uncategorized
Tag:, , , , ,

1. Ketentuan Umum :

a. Pembekalan operasional pelayanan bagi calon petugas kesehatan haji tahun 2009 M/1430 H adalah WAJIB dan merupakan rangkaian proses perekrutan petugas, sesuai dengan ketentuan PEPMENKES Nomor 511/MENKES/SK/V/2007 tentang Pedoman Perekrutan Petugas Kesehatan Haji Indonesia.

b. Ketentuan perekrutan petugas kesehatan haji Indonesia tersebut disusun dalam rangka memperoleh petugas yang professional, berdedikasi tinggi dan didukung oleh fisik yang prima serta dapat melaksanakan tugas sesuai kebijakan Menteri Kesehatan sehingga dapat memberikan pelayanan kesehatan dan perlindungan kepada jemaah haji.

c. Penilaian terhadap kecakapan calon petugas selama proses pelatihan ditujukan pada aspek profesional, dedikasi dan kesehatan; sebagai dasar pertimbangan penetapan petugas kesehatan haji. Calon petugas yang tidak terbukti kompeten, tidak berdedikasi dan atau tidak memenuhi syarat kesehatan dinyatakan tidak laik tugas dan direkomendasikan untuk dibatalkan penetapannya sebagai petugas kesehatan haji.

d. Panitia Pembekalan mengumumkan ketentuan dan rencana penyelenggaraan pembekalan kepada Dinas kesehatan Propinsi Embarkasi/Debarkasi Haji dan dapat di akses di http://www.kesehatan haji.info dan www.siskohatkes.net

e. Selama mengikuti pembekalan operasional, peserta diharuskan :

1) Tinggal di asrama yang telah diatur dan ditentukan penempatannya oleh panitia.

2) Menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan.

3) Memperhatikan waktu untuk menjaga ketertiban dan terjaminnya suasana tenang dan tenteram.

4) Tidak menerima tamu pada jam pembekalan. Peserta hanya dibenarkan menerima tamu di luar jam pembekalan dengan ketentuan tidak mengganggu ketertiban.

5) Mengikuti semua kegiatan pembekalan yang telah ditetapkan oleh panitia dan sesuai dengan waktu setempat.

6) Berada di ruang kelas 15 menit sebelum acara dimulai dengan terlebih dahulu mengisi daftar hadir yang telah disediakan oleh panitia. Peserta yang tidak mengisi daftar hari dalam waktu 20 menit sesi berlangsung dianggap tidak mengikuti sesi.

7) Membawa buku/catatan dan lain-lain yang diperlukan.

8) Tidak meninggalkan ruang pada saat sesi berlangsung kecuali untuk keperluan mendesak dengan terlebih dahulu meminta izin kepada panitia.

9) Memakai pakaian rapi dan sopan dengan ketentuan :

Pria :

· Pakaian batik lengan panjang dan celana gelap pada pembukaan/penutupan dan kegiatan pembelajaran malam hari.

· Kemeja warna putih lengan pendek berdasi dan celana gelap pada waktu mengikuti kegiatan pembelajaran pagi, siang dan sore hari.

· Bersepatu.

Wanita : berpakaian muslimah dengan warna menyesuaikan dan bersepatu.

10) Memakai tanda pengenal sejak penyematan resmi pada saat pembukaan sampai kegiatan berakhir.

f. Peserta diminta untuk dapat memenuhi seluruh penugasan, selama pembekalan.

g. Kelengkapan Pakaian

Peserta membawa kelengkapan pakaian selama pembekalan, dengan ketentuan :

1). Pakaian harian :

(1) Bagi pria :

(a) Baju putih lengan pendek, dasi dan celana gelap untuk sesi pembekalan pagi s/d sore.

(b) Baju batik lengan panjang untuk sesi pembukaan, penutupan dan pembekalan malam hari.

(2) Bagi wanita: Busana muslimah dengan warna menyesuaikan.

2). Pakaian Ihram dengan kelengkapannya.

3). Pakaian olahraga dengan kelengkapannya.

2. Komunikasi dan informasi lebih lanjut dapat dilakukan sebagai berikut:

JADUAL PELAKSANAAN PEMBEKALAN OPERASIONAL PETUGAS KESEHATAN HAJI KLOTER TAHUN 1430 H / 2009 M

Sumber: Departemen Agama RI, tertanggal 12 Juni 2009

No

EMBARKASI

Pelaksanaan

Kontak person

MOP Daerah

Pusat

1

Medan

10 s.d 19 Juli 2009

Suhadi,SKM,MKes (08126048737)

dr. T T Alfarizi (08159666277)

2

Batam

10 s.d 19 Juli 2009

Irmasyah,SSos (08127009103 )

Dr Masdalina Pane, SKM Mkes ( 08153841788)

3

Banjarmasin

10 s.d 19 Juli 2009

Mirhansyah,SKMMkes (081349628723)

Siti Husmiati, SKM M Kes (081380100241)

4

Padang

12 s.d 21 Juli 2009

drJoniIswanto ( 081374722202)

dr. T T Alfarizi (08159666277)

5

Palembang

12 s.d 21 Juli 2009

Badaruddin,SH,SKM (08127842414)

A. Hafiz, SKM M Kes ( 085921372773 )

6

Jakarta Pondok Gede

12 s.d 21 Juli 2009

dr Angliana Dianawati (081210101234)

dr Farina Andayani ( 081585003564)

7

Balikpapan

14 s.d 23 Juli 2009

dr Achlia Setijawati Dahlan,MKes (0811550155)

Siti Husmiati, SKM M Kes (081380100241)

8

Jakarta Bekasi

9 sd 18 Juli 2009

Uus Sukmara, M Epid ( 08122044099 )

dr Ratna Budi Hapsari, MKM ( 08164824148 )

9

Ujung Pandang

16 sd 25 Juli 2009

Muhammadong,SKM Mkes (081343559459)

Eka Muhiriyah,SPd MKM ( 081511737607 )

10

Aceh

17 s.d 26 Juli 2009

Hj. Saidah ST (0811686694)

Dr Masdalina Pane, SKM Mkes ( 08153841788)

11

Solo

17 s.d 26 Juli 2009

dr Imam Trianto, MPH ( 0811296515 )

Dr Sholah Imari, MPH ( 08161840052)

12

Surabaya

18 s.d 27 Juli 2009

Sulistyowati,SKM MPPM (08179605227 )

dr Ratna Budi Hapsari, MKM ( 08164824148 )

3. Kelengkapan Administrasi/Dokumen yang harus dibawa dan diserahkan kepada panitia pada saat melaporkan kedatangan di asrama haji :

a. Untuk pembuatan sertifikat pembekalan:

1). Mengisi biodata (blangko terlampir).

2). Foto berwarna sesuai standar paspor, ukuran 4×6 sebanyak 2 lembar

b. Untuk pertanggungjawaban keuangan:

1). Surat Tugas yang ditandatangani oleh atasan langsung, sesuai contoh terlampir, rangkap 2.

2). Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) yang sudah ditandatangani pejabat yang berwenang di daerah dan dicap stempel (sesuai contoh terlampir), rangkap 2.

3). Menyertakan bukti pengeluaran untuk biaya transport :

(1) Tiket transportasi dari tempat kedudukan ke terminal bis/stasiun/bandara/pelabuhan pergi pulang.

(2) Tiket transportasi dari terminal bis / stasiun / bandara / pelabuhan ke tempat tujuan pergi pulang.

(3) Tiket pesawat dilampiri boarding pass dan airport tax, tiket kereta, tiket kapal laut, dan tiket bis.

(4) Bukti pembayaran model transportasi lainnya.

4. Hak Peserta :

a. Memperoleh biaya transportasi dari tempat kedudukan ke lokasi pembekalan pulang-pergi, dengan besaran sesuai dengan harga yang tercantum dan tidak melebihi standart

b. Akomodasi selama pembekalan (konsumsi, penginapan).

c. Uang harian 2 hari .

d. Modul Pembekalan.

e. Sertifikat Pembekalan.

5. Kewajiban Peserta :

a. Melengkapi berkas dokumen dan administrasi pembekalan dan menyerahkan ke panitia.

b. Hadir tepat waktu dan mentaati tata tertib penyelenggaraan pembekalan, termasuk mengikuti seluruh sesi pembekalan.

c. Membawa kelengkapan pembekalan berupa: pakaian selama pembekalan dan kelengkapan keperluan pribadi lainnya.

d. Menandatangani surat pernyataan bermeterai.

6. Ketentuan Kelulusan :

a. Kedisiplinan

Kehadiran peserta dalam sesi pelatihan sebanyak 100 %

b. Produktifitas

Menyelesaikan tugas-tugas tepat waktu selama pelatihan

c. Kompetensi

Verifikasi/komparasi dengan data/keterangan selama mengikuti pelatihan

7. Ketentuan Lain

a. Calon petugas yang tidak hadir pada pembekalan dan atau tidak melengkapi persyaratan, maka dianggap mengundurkan diri

b. Bila ada ketentuan lain yang belum diatur dalam ketentuan ini akan disampaikan kemudian.

Daftar Lampiran :

1. Blangko biodata ( untuk sertifikat )

2. Blangko Surat Tugas

3. Blangko SPPD dan contoh pengisiannya

An. Dirjen PP & PL

Direktur Sepim Kesma

Dr Andi Muhadir, MPH

NIP 140130848

selengkapnya bisa di cek di http://www.kesehatanhaji.info

untuk format Kelengkapan surat- surat bisa di klik di sini:

Surat Tugas di

http://www.kesehatanhaji.info/images_data/image_554_2.doc

Biodata di

http://www.kesehatanhaji.info/images_data/image_554_3.doc

SPPD klik di

http://www.kesehatanhaji.info/images_data/image_554_4.doc

semoga bermanfaat

Komentar
  1. darno mengatakan:

    Boz… kalo ada pretest bwt pelatihan peserta tkhi tgl 19 besok email dunk… see u @ sukolilo…

  2. ivenxadytia mengatakan:

    seru juga bacanya….
    succss ya…

  3. azzakky mengatakan:

    @ ivenxadytia
    Makasiy

  4. teguh mengatakan:

    Salam Buat temen2 semua yg buka blog ini,mhn maaf lahir bathin.matur nuwun

  5. laili mengatakan:

    pengeeeeeen banget lolos jadi TKHI. Gmn sih resepnya?

  6. azzakky mengatakan:

    @ Teguh
    Maaf lahir batin juga:)
    @ laili
    hehe.. Pertama niat, dari kuliah dulu saya sudah sangat kepingin meskipun kalo dipikir pikir ga mungkin bisa dapat uang segitu banyak n melihat daftar antri yang segitu panjang. kedua rajin rajin buka web site http://www.depkes.go.ig

  7. mohhadikusumowanto mengatakan:

    gimana penilaian tkhi/ppih.sertifikat bcls baru/lama sekornya apa sama.jk ada sertifikat kegawatan dan pengalaman kerja dan SIPP apa perlu dilampirkandan apa menambah nilai?trm

  8. irwan mengatakan:

    gimana penilaian tkhi/ppih.sertifikat bcls baru/lama sekornya apa sama.jk ada sertifikat kegawatan dan pengalaman kerja dan SIPP apa perlu dilampirkandan apa menambah nilai?trm

  9. azzakky mengatakan:

    kalo persisnya penilaian saya jujur tidak tahu. cuma saya dapat bocoran dari salah satu pegawai Dinkes prop jatim jika yang diutamakan usia 30-40, baru kemudian usia < 30. Menurut dr Barita, TKHI yang dipanggil usianya tidak boleh lebih dari 40 tahun. Sertifikat kegawatdaruratan harus disertakan dan memang diutamakan bagi yang sudah punya sertifikat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s