Kisah hikmah: “Alloh menggodaku” (Oleh-oleh Perjalananku 3)

Posted: 24 Desember 2009 in Agama
Tag:, , ,

21 November 2009 jam 12:16

Hari rabu 5 nopember 2009, kami kloter 11 SUB kota pasuruan bgerak ke makah stlh tlebih dl ambil miqot di bir ali. 8jam kemudian kami sampai di pemondokan didaerah aziziyah janubiah 2. Sbuah tempat yg bjarak 8km jika ditarik garis lurus dr masjidil haram, tp skitar 12 km jk diukur panjang jln ke arahnya.

masjidil Haram di masa lalu
Stibanya di makkah kami memutuskan brkt ke haram untk lanjutkan umrah stlh maghrib. Rombonganpun brkt dg mngendarai bis dr maktab.
Ujian ptama dtg. Di dlm bis, ada 1 jamaah yg tiba tiba mengomel mrasa tdk puas dgn kerja tenaga medis. Mmg sejak tiba di makkah jamaah satu ini sdh bikin masalah. Bahkan baru msk pondokan sdh mau berantem dgn jamaah lain. Dia bilang tenaga medis ga pernah datang ke kamar kamar. Katanya ada yang sampai dibawa ke sektor tenaga medis ga tau. Lucunya dia ga tau kalo saya sendiri yg ngantar jamaah tsb. Uda tau gt tetep aja dia ngeyel.. Alhamdulillah saya msh ingat larangan berjidal ketika ihrom. Jd cukup saya jawab: “usul anda saya tampung” he2. Akhirnya terdiam dia.
Ujian ke2 dtg. Kali ini tjd stlh slesai umrah dan mau beranjak keluar masjid. Sandal yg saya taruh hilang. Dalam hati saya langsung tertawa.. Hehe.. Alloh sdg menguji saya. Dideket sandal saya yg cm tertinggal kiri saja itu ada 2 buah sandal yg mirip punya saya tp cm kanan sj. Skali lagi aku tertawa. He2. “Alloh mengajak bercanda km zak” ktku dlm hati. Ku teringat thn 2007 bln ramadan saat diajak umrah Pakdè, aku pnh mlakukan hal konyol. Dulu saat sandalku hilang gr2 dìsapu cleaning service, aku pnh pinjem sandal org tanpa permisi (alias ghosob) untk beli yg br ddpn masjid. Akibat kbodohan itu 100 dollarku ga ktemu smp skarang. He5, tringat itu aku bjanji ga akan mngulanginya lg meskipun tmn2 blg “uda, paling ktuker, bw aja tu”. Aku ttawa n blg tdk.
Subhanallah, kira2 krg 1 langkah aku keluar pintu masjid, tb2 pandangan mataku terarah ke sisi kiri agak jauh.. “sandal kananku ktemuu” Allah akbar. Aku bnr2 diuji. Cb kalo sandal td kuambil, aku ga tau hukuman ap lg yg pntas utk ku

Komentar
  1. Syarifuddin S. Malem mengatakan:

    Assalamu’alaikum Ww. Salam jumpa, Haji Zakky Yth. Saya kebetulan jadi petugas haji juga tahun ini, yaitu sebagai TPHI Kloter 2 BTJ (Aceh), memimpin 322 jemah asal Kab Aceh Timur, Kab Aceh Tamiang dan Kota Langsa. Di Mekkah kami tinggal di Bakhutmah, dekat Misfalah. Tgl 4 Desember sudah tiba kembali di kampung halaman. Tolong dido’akan agar istri saya dapat keberuntungan tahun ini dengan menjadi TKHI seperti Anda. Terima kasih, illalliqa’.

  2. azzakky mengatakan:

    Alaikum Salam akhi. Alhamdulillah. wah deket ya pemondokannya. saya dulu di Aziziyah. deket mina malah. hehe. amin mg2 istri anda bisa segera menjadi tamu Alloh🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s