Rayuan Maut Dunia Maya

Posted: 26 Februari 2010 in Sosiokultural
Tag:, , , ,

Merebaknya berita tentang penipuan dan penculikan yang memnfaatkan facebook mengingatkan Penulis pada kali pertama penulis mengenal Dunia Maya. Dulu.. Yang namanya Peselancar dunia maya cuma sedikit yang mau menggunakan identitas aslinya dalam menggunakan fasilitas dunia maya. Baik email, Blog, Isian komentar, chatting dll hampir semuanya menggunakan nama samaran dan alamat palsu.
Namun akhir-akhir ini, tren itu menghilang seiring dengan berkembang pesatnya Situs-situs jejaring sosial seperti Friendster, Facebook, Twitter dan yang sejenis. Imbasnya pencarian data seseorang secara mudah bisa diakses. karena si empunya akun biasanya menuliskan dengan selengkap-lengkapnya data pribadinya baik karena dilandasi kejujuran atau malah kadang sebagai bahan gagah-gagahan.
Dulu, seorang Peselancar internet kebanyakan adalah orang-orang dewasa dengan status sosial tertentu. Penulis masih ingat betapa sulitny dulu mengakses internet. Penulis harus ke kota dulu yang jaraknya 10an Km hanya untuk membuka email. sekarang asal punya HP dengan fasilitas GPRS sudah cukup untuk mengarungi dunia maya.

Dari latar belakang di atas, maka sangat tidak mengherankan jika semakin banyak pengguna internet. yang hal ini tentunya harus diimbangi dengan kewaspadaan tinggi. Dimasa lalu saja yang serba terbatas fasilitas/ akses ke dunia maya sudah banyak terjadi kasus-kasus kejahatan dunia maya seperti penipuan, pembobolan rekening, apalagi di masa kini yang semua informasi sudah sangat terbuka.
Pertama kali penulis mengarungi dunia maya, penulis mendapatkan wejangan dari teman bahwa “sebaiknya jangan menggunakan nama asli di dunia maya, baik untuk email, chatting maupun keperluan lain yang kurang perlu”. Dimasa sekarang ini sepertinya nasehat seperti itu tidak didapatkan oleh adik-adik kita yang kebanyakan sudah Addict terhadap dunia maya khususnya   Situs-situs jejaring sosial ini. Orang tua seakan cuma berbangga jika anaknya sudah pandai bermain internet.
Hal ini yang terlambat disadari oleh para orang tua. Anak-anak bau kencur ini dengan sangat mudah ditipu oleh rayuan-rayuan yang tidak bertanggung jawab. Dunia maya yang licin, gelap, tanpa arah dan penuh tipu-tipu disamakan dengan lingkungan tempat tinggal kita. akibatnya seorang gadis dari surabaya bisa hilang dan ditemukan di Jakarta. seorang wanita dari semarang bisa hilang dan ditemukan di propinsi lain. Aneh dan trenyuh, betapa mudahnya percaya dengan seseorang yang bahkan wajah aslinyapun kita belum pernah ketemu.

World Wide

Ada Baiknya kita melakukan hal-hal berikut ini supaya terhindar dari kejahatan via internet lewat jejaring sosial:

  1. Silakan memakai nama asli anda tapi jangan berikan info terlalu lengkap pada profil anda
  2. Jika ingin memberikan nomor HP, ingatlah selalu bahwa hal ini berarti anda sudah membuka akses langsung pada diri anda. jika ini       untuk kepentingan yang menguntungkan silakan saja, namun jika hanya untuk sekedar iseng menurut penulis hal ini kurang    bijaksana.
  3. Jangan pernah meng-Add pada akun pribadi anda permintaan pertemanan yang anda tidak ketahui asal usulnya kecuali jika akun    anda tersebut memang untuk mencari costumer. karena seringkali aksi tipu-tipu ini dimulai dari kecuekan kita pada hal yang satu ini.
  4. pelajari track record teman anda. jika membuat hal-hal aneh jangan ragu untuk mendelete nya.
  5. Selalu waspada, jangan mudah percaya, jika punya adik, anak, awasi selalu Akunnya. mungkin bukan dengan cara melarang tapi bisa dilakukan dengan ikut menjadi friend (teman) anak/adik kita tersebut. jika suatu saat ada hal yang mencurigakan kita bisa segera bertindak.

Semoga tips ini bermanfaat, dan semoga hal ini tidak menjadikan Situs jejaring sosial menjadi situs yang “benar-benar haram”. Allohu A’lam

Komentar
  1. A.J.I mengatakan:

    mungkin sudah saatnya pendidikan internet sehat diberlakukan di sekolah

  2. azzakky mengatakan:

    > A.J.I
    bener usulan anda, karena sekarang kan internet sudah masuk sekolah.

  3. sibermedik mengatakan:

    mas, ijin ku copy ya..sekalian ku cantumin nama njenengan..

  4. azzakky mengatakan:

    > Siber
    Oke.. Halalan Thoyyiban hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s