Kita Memang Telah Merdeka Bung

Posted: 17 Agustus 2010 in Uncategorized

Hari ini, 65 tahun yang lalu, Proklamasi kemerdekaan telah dikumandangkan. Proklamasi, tanda lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia menjadi tonggak kebebasan bangsa ini dari penjajahan asing. 17 Agustus 1945, seperti halnya hari ini, kemerdekaan diproklamasikan tepat saat bulan Ramadhan yang pada hakekatnya menjadi anugerah tersendiri bagi bangsa ini.

65 tahun indonesia merdeka, namun masih banyak orang yang menggerutu, mereka seolah tak puas dengan arti kemerdekaan yang telah diperjuangkan mati-matian oleh para orang tua kita. Selalu saja tema yang diangkat saat menjelang kemerdekaan adalah tema-tema yang menurut penulis sangat mengecilkan arti kemerdekaan itu sendiri seperti :” Apakah kita sudah benar-benar merdeka?” “ Apa artinya merdeka jika bangsa kita tetap sengsara” Bahkan ada juga yang dengan sembrono menyatakan “Mending menjadi negara persemakmuran daripada Merdeka namun sengsara”..

Merdeka, Bukan datang dengan sendirinya…..

Merdeka Bukan hadiah dari penguasa kita….

Merdeka bukan cuma perlu bermimpi semata….

Merdeka Bukan pula berhenti untuk meraih kemerdekaan selanjutnya….

tapi

Merdeka adalah pengorbanan tanpa batas…

Merdeka adalah Perjuangan tanpa henti….

Merdeka hanyalah satu tahapan untuk meraih kemerdekaan selanjutnya…

Banyak nara sumber yang bilang Kemerdekaan kita hanyalah semu, sedang Mereka tak sadar sudah menjadi centeng-centeng new kolonialisme

mereka juga mengatakan Nasionalisme kita sudah luntur, sedang mereka tak merasa telah mengagungkan negara lain dibanding negeri sendiri

Kita selalu mencela tentang semunya arti kemerdekaan tapi kita cuma bisa mengamini kesemuan itu

Kita merasa beum merdeka bukan karena ulah bangsa lain, juga bukan karena semata kegagalan Pemerintah kita. kita belum bisa merdeka karena ulah dari mental kita sendiri. lihat kita merasa dijajah secara ekonomi tapi kita masih gemar ,mengkonsumsi Produk bangsa lain, kita sering merasa dijajah teknologi bangsa lain tapi kita sering memicingkan mata terhadap keahlian anak bangsa sendiri.

Kita selalu pintar menuding bahwa para pemimpin kita gagal melaksanakan arti kemerdekaan namun kita lupa bahwa Kemerdekaan hakikatnya tidak cuma tergantung dari pemerintah.

Proklamasi pasti akan gagal jika tidak ada kenekatan para pemuda di rengas dengklok. Bukan tergantung pada Pemerintahan Jepang saat itu.

Kemerdekaan pasti akan terenggut kembali jika tak ada pejuang-pejuang perkasa seperti Arek-arek suroboyo yang berjuang tanpa pamrih.

dan kemerdekaan sekarang perlu orang-orang seperti mereka untuk mengisi dan meraih kemerdekaan selanjutnya.

1945 kita memang telah merdeka dari penjajahan bangsa asing, kita bisa membentuk pemerintahan sendiri. Itu juga sebuah Kemerdekaan Bung!! bukan main-main

1965 bisa kita anggap sebagai kemerdekaan kita dari ancaman Komunisme, itu juga bukan main-main bung!!..

Namun Kemerdekaan tidak sampai hanya disitu, kita tahu Ekonomi kita belum bisa dikatakan merdeka, Politik kita juga belum merdeka, Kesejahteraan rakyat kita juga masih belum bisa dikatakan merdeka. masalah-masalah itu yang kita masih harus perjuangkan..

merdeka

Dalam mencapai kemerdekaan dukungan pemerintah yang ada bukan harga mati, yang diperlukan adalah pejuang-pejuang pilih tanding, berkemauan keras, jeli dalam melihat kesempatan dan tidak mudah terpengaruh oleh cibiran orang.

Kita perlu pejuang-pejuang ekonomi jika ingin Merdeka di bidang ekonomi

Kita perlu pejuang-pejuang Tehnologi jika ingin Merdeka di bidang tehnologi

Kita perlu pejuang-pejuang sosial jika ingin Mensejahterakan rakyat..

Sekali lagi, jangan pernah meragukan arti kemerdekaan 65 tahun yang lalu, sebelum anda berbuat sesuatu.

Jika anda merasa masih ada kemerdekaan yang perlu diraih mari berjuang bersama, Jangan banyak bicara. Tapi jika menurut anda tidak ada lagi yang perlu diperjuangkan, silakan anda diam. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s