Solahudin Hoja dan Keledainya…. jika anda benar… jangan ragu tuk berbuat

Posted: 1 Oktober 2012 in Kisah Teladan

Dikisahkan di abad keemasan Islam. hiduplah seorang bernama salahudin Hoja. orang ini dikenal dengan cerita humor penuh hikmah.

Suatu saat dia dan anaknya hendak pergi ke suatu kota. saat itu dia mempunyai seekor keledai tua. keduanya kemudian menaiki keledai tersebut.. ditengah perjalanan ada orang yang berkata:”alangkah tidak punya belas kasihan kalian, keledai se tua itu dinaiki 2 orang”, kemudian salahudin hoja turun. ia memutuskan untuk berjalan kaki dan mempersilakan anaknya menunggangi keledai itu…

selang beberapa waktu, ada orang yang berteriak kepada anak salahudin:” Alangkah tidak sopannya kamu, ayahmu kamu suruh berjalan kaki sedangkan dirimu yang masih muda malah menunggang keledai”, si anak inipun sungkan dan meminta ayangnya untuk naik keledai itu dan ia berjalan kaki mengiringinya.

tak jauh dari tempat sebelumnya, ada lagi orang yang berkomentar:” Ayah tak tau diri, tega-teganya menyuruh anaknya berjalan sedangkan ia sendiri enak-enakan naik keledai”… akhirnya keduanya memutuskan untuk berjalan kaki mengiringi sang keledai tanpa ada yang menunggang keledai tersebut.

saat mereka sudah merasa tindakan yang dilakukannya benar, ternyata masih ada yang berkomentar:”Kalian berdua orang aneh, masak punya keledai bukannya dimanfaatkan, malah cuma dituntun saja. kenapa tidak kalian panggul aja sekalian biar si keledai bisa menikmati perjalanannya”. mendapat komentar seperti itu, solahuddin dan anaknya menurutinya. mereka segera memanggul keledai tua miliknya. sampailah dia di kota yang dituju. disana banyak sekali anak-anak yang mengikuti mereka berdua sambil mengejek:”inilah dua orang gila, bukannya mereka yang menunggang keledai, malah mereka yang ditunggangi keledai”. solahudin hoja pun tersenyum… dia berkata kepada anaknya…

“Begitulah jika kamu hanya mengikuti kata-kata manusia, semua yang kita lakukan tidak pernah bisa memuaskan mereka semua… anakku,, asalkan kamu yakin di jalan yang benar, lakukanlah… jangan terpengaruh apa kata orang”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s